Berenang Bermanfaat Bagi Tubuh

Berenang bermanfaat bagi tubuh kita, tidak hanya atlet atau perenang profesional yang bisa mendapatkanya. Jika dilakukan dengan teratur, kita bisa mendapatkan manfaatnya, bahkan sekelompok usia.

Berenang bermanfaat bagi tubuh kita. Sebab, berenang adalah olah fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki. Yang untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih jauh lagi.

Berenang bermanfaat bagi tubuh

Berenang bermanfaat bagi tubuh

Manfaat Jika Berenang Secara Teratur

stamina akan meningkat karena berhubungan dengan ketahanan sistem pernapasan, kardiovaskuler, serta peningkatan massa otot. Dan juga, jika melakukannya secara rutin, manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan yaitu:

  • Meningkatnya ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler
    Konsumsi oksigen naik hingga 10 persen jika latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, dari pria dan wanita paruh baya yang megikuti. Selain itu, berdampak meningkatkan jumlah darah yang akan dipompa setiap jantung berdetak bisa mencapai 18 persen.
  • Membangunnyamassa otot
    Berenang juga dapat bermanfaat sperti meningkatnya massa otot trisep (sisi belakang lengan atas), sampai 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. selama 8 minggu hasil itu baru bisa diperoleh
  • Membakar kalori
    Sewaktu Anda berenang selama 1 jam Sekitar 500-650 kalori akan dibakar, tergantung juga seberapa efisien melakuka aktivitas tersebut.
  • Membuat tubuh rileks
    Dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi jika berenang. Selain itu juga, olah fisik ini dikatakan dapat membuat tenang nya perasaan seseorang. Seperti yang diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri, dan menjernihkan pikiran.

Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Bukan cuma membuat tubuh bugar dan sehat. Dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit, seperti diabetes, stroke, dan penyakit jantung jika melakukan olahraga ini secara teratur

Dapat menjadi pilihan olahraga terbaik untuk penderita penyakit tertentu, seperti penderita hernia nukleus pulposus, radang sendi, bahkan bisa menjadi latihan untuk pemulihan pasca stroke, juga dapat meningkatkan usia harapan hidup jika berenang secara rutin. Lakukanlah renang dengan rutin 3-5 kali seminggu, masing-masing selama 30 menit.

Jangan ragu, berenang baik untuk semua orang, baik pria maupun wanita, baik anak-anak maupun orang dewasa. ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berenang bersama. berenang lah sejak dini.

  • Leave a Reply