Perawatan yang dilakukan pada rambut kering

Cara merawat rambut kering, inilah 10 cara agar dapat merawat rambut kering kita.

Khususnya para kaum wanita yang selalu menjaga penampilan mereka, di mulai dari rambut, bagaimana jika rambut nya itu kering??? ini dia penjelasan agar kita dapat menjaga dan merawat rambut yang kering.

Keramas

Keramas

1. Gunakan sampo yang menjaga kelembaban rambut

Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah menggunakan sampo dengan kandungan yang sudah diformulasikan untuk rambut tipe ini. Biasanya sampo untuk rambut kering ini memiliki kandungan pH lebih rendah yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Pastikan juga untuk tidak menggunakan sampo terlalu banyak saat keramas, ya!

 

2. Ketahui waktu keramas yang tepat

Mungkin banyak dari kamu yang berpikir keramas setiap hari bisa membuat rambut bersih. Padahal cara ini kurang tepat, lho! Keramas setiap hari menggunakan sampo justru bisa membuat rambutmu kehilangan minyak alaminya. Alhasil, rambutmu malah jadi kering dan rapuh. Sebaiknya lakukan keramas cukup 2 hari sekali.

 

3. Gunakan conditioner setelah keramas

Jangan anggap sepele conditioner! Sama seperti moisturizerconditioner berfungsi untuk melembabkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas. Conditioner juga bisa merapikan kutikula rambut dan mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh, atau bercabang.

 

4. Kurangi penggunaan catokan dan hair dryer

Panas yang dihasilkan dari catokan dan hair dryer bisa berpotensi membuat rambut menjadi kering, lho! Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan dua alat styling rambut ini. Kalau memang terpaksa, jangan lupa gunakan vitamin rambut atau heat protection sebelum mencatok.

 

5. Jangan keramas menggunakan air hangat

Buat kamu yang memiliki rambut kering, sebaiknya hindari mencuci rambut menggunakan air hangat. Sebaiknya keramas menggunakan air dingin karena air panas bisa membuat kulit kepala dan rambutmu semakin kering!

 

6. Beri nutrisi rambut dengan hair mask

Pilih produk hair mask yang khusus untuk perawatan rambut kering. Atau kamu juga bisa membuat masker rambut menggunakan bahan-bahan alami yang melembapkan seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya.

 

7. Lindungi rambut dari polusi dan cahaya matahari dengan topi

Buat kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, wajib menggunakan topi untuk melindungi rambutmu. Sengatan sinar matahari, udara dingin, dan cuaca berangin bisa merusak rambut dan membuatnya kering.

Dengan menggunakan topi kamu juga bisa mencegah debu dan kotoran menempel pada rambut. Namun jangan keseringan juga ya, pakailah topi saat kamu membutuhkan saja agar rambutmu bisa tetap bernapas.

 

8. Perbanyak minum air putih

Selain perawatan secara langsung, kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuhmu. Perbanyaklah minum air putih agar kamu tidak dehidrasi. Minum air putih dengan jumlah yang cukup mampu membuat rambut tumbuh dengan akar yang kuat dan tidak kering atau bercabang.

 

9. Rajin menggunting rambut

Rambut yang lama tidak dipotong dan dirapikan akan membuatnya berpotensi bercabang dan kering. Tak perlu panjang-panjang kok, cukup memotong ujung rambut untuk menjaganya tetap sehat.

 

10. Hindari mewarnai rambut

Mungkin banyak dari kamu yang sering mewarnai rambut untuk mengubah penampilan. Nah, kalau kamu punya tipe rambut yang kering harus lebih hati-hati dalam mewarnai rambut. Soalnya zat kimia dalam pewarna apalagi bleaching rambut bisa membuat rambut rapuh dan kering.

Lebih baik urungkan niatmu untuk mewarnai rambut supaya kekeringan yang kamu alami tak semakin parah. Atau kalau kamu memang ingin mengecat rambut, sering-seringlah melakukan treatment untuk mengembalikan kelembapan rambutmu.

Semoga tips atau cara merawat rambut kering di atas bisa membantu mengatasi masalah rambutmu ya, girls! Selamat mencoba!

  • Leave a Reply